Sabtu, 04 Februari 2023

RAYAKAN DAN SYUKURI SEHATMU

Maka mengapa kesehatan itu harus dirayakan dan disyukuri dengan sebanyak - banyaknya melakukan kebaikan

Sebab sakit itu melemahkan, dan mengurangi semua nikmat: nikmat ibadah dan nikmat melakukan hal lainnya. 

Allahumma 'afini fii badani Allahumma 'afini fii sam'i Allahumma 'afini fii bashori laa ilaha illa anta

Kemarin sore hingga hari ini perut saya sakit sekali, sepertinya karena saya salah makan. Sehingga dari sore kemarin saya bolak-balik ke kamar mandi, dan puncaknya subuh tadi sekitar 3 subuh peruuut saya melilit sekali dan ga berhenti-henti ke kamar mandi, sehingga badan saya lemaaas sekali. Dan saat sholat tahajud rasanya tidak seperti biasanya, kurang nikmat. Biasanya setelah tahajud saya tidak tidur lagi tapi langsung melanjutkan aktivitas: membaca Alquran, terjemahan, buku umum atau buku Sirah dan dilanjutkan menunggu waktu sholat subuh hingga bersiap-siap untuk kegiatan pagi, entah mengajar atau lainnya. Tapi kali ini sehabis sholat tahajud saya langsung tidur lagi karena badan saya lemah. Dan saya baru terbangun jam 05.30, sholat subuhnya telat sekali. 

Lalu saya masih sering bolak-balik ke kamar mandi hingga pagi menjelang, rasanya tidak enak sekali jika sedang sakit. Sebab kenikmatan ibadah jadi kurang dirasa. Bahkan saya sempat terlewat sholat dhuhur karena tertidur hingga ashar menjelang, meski kemudian saya qadha sholat zhuhurnya sebab terlewat bukan karena saya sengaja tapi karena ketiduran.

Maka nikmat sehat itu adalah sesuatu yang harus kita syukuri dan rayakan, dengan banyak melakukan amal kebaikan yang dapat mendatangkan ridho Allah. 

Berikanlah kami kesehatan ya Rabb, jauhkanlah kami dari rasa lemah dan malas. Aamiin Allahumma aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar